Kemajuan teknologi menghiasi dunia pendidikan ;Tugas 2


Teknologi pembelajaran sudah semangkin berkembang pesat saat ini.ada banyak teknologi pembelajaran yang mendukung proses pembelajaraan saat ini di antara nya e-learning dan ubiquitous.kedua proses pembelajaraan ini di gunakan untuk mendukung jalnnya proses pembelajaraan yang ada.menurut para pakar saat ini kita akan memasuki era teknologi yang baru yang di namakan ubiqoutious. Ubiqutious bisa di katakana sebagai”tulang punggung “ informasi global. Dan berpengaruh terhdap kehidupan akademik dan social kita.

A.Pengertian ubiquitous computing

Ubiquitous computing(ubicomp)adalah pasca destop model interaksi manusia dengan computer,dalam pengelolahan informasi yang sepenuhnya telah terintegrasi kedalam objek dan kehidupan sehari-hari.dalam menggunakan komputasi biasanya seseorang mengunakan banyak perangkat komputasi dan system nya. Biasanya model ini disebut sebagai kemajuan paradigm destop

Awalnya ubiquitous di pelopori oleh Mark weiser, seorang peneliti di Xerox PARC. Menurutnya istilah ubiquitous dapat di istilahkan sebagai”muncul atau terjadi dimana-mana), menurutnya ,ubiquitous computing dapt memungkinkan untuk pemakaian baratus-ratus device komputasi wireless per orang, per kantor dalam semua skala. Tujauan utamanya adalah “activate the world”, mengaktikan segala yang ada di sekitar kita. Halmitu membutuhkan inovasi-inovasi bau di bidang operating system , networks

B.Pengertian e-learning

E-learning adalah istilah yang mencakup segala bentuk technology-enhanced learning(TEL)sejenis web –based learning. e-learning adalah proses learning(pembelajaran )dengann menggunakan TIK, dan menggunakan media. Pembelajaran e-learning dilakukan dengan menggunakan network . dengan menggunakan proses pembelajaran ini dapat berjalan secara efektif dan efisien

Cara kerja e-learning

Bisa di katakana e-learning juga tergolong baru di dalam proses pembelajaran di Indonesia. Dalam proses pembelajaran atau penggunaan e-learning ,penagajar atau pun anak didik tidak perlu berada di dalam ruanagn yang sama. Bahan pengajran cukup di upload oleh pengajar untuk di download oleh anak didiknya.

Ada tujuan dan manfaat dari e-learning diantaranya :

* Peningkatan kerja

* Peningkataan akses

* Kemudahaan dan fleksibilitas kepada peserta didik:

* Untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan di abad ke-21, khususnya untuk memastikan bahwa peserta didik memiliki keterampilan keaksaraan digital yang dibutuhkan dalam disiplin, profesi atau karie.

Setelah di uraikan tentang point-point pengertian ubiquitous computing dan e-learning diantara nya memiliki hubungan di dalam proses pembelajaran yang saling berhubungansatu sama lainnya , dan akan di jelaskan di point ke -3.

C.Hubungan antara ubiquitous computing dengan e-learning

Ubiquitous computing dan e-learning memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Dimana ubiquitous suatu teknologi yang memiliki jariangan yang luas yang dimana menuntut kita untuk lebih aktif di dalam mengaplikasikan atau menggunakan dunia maya , khususnya dalam hal yang positif, yang dapat membantu kita untuk lebih terdepan dalam setiap teknologi atau informasi yang ada. perangakt ubiquitous ini di pasangkan dengan jaringan yang murah , yang memudahkan murid-murid dalam dalam menggunakan nya langsung dan dapat memudahkan dalam membuat tugas yang ada. teknologi ini juga membuat akses internet sangat cepat dan meningkatkan mobilitas kerja.

Kalau keduanya di hubungkan(ubiquitous dan e-learning) dapat mempunyai manfaat dan hubungan yang sama antar satu dengan yang lainnya. Sama-sama untuk meningkatkan kinerja pekerjaan dan memudahkan dalam setiap pekerjaann yang ad apalagi berhubungan dengan internet. E-learning dan ubiquitous juga untuk meningkatkan keefektifan dalam mengerjakan semua pekerjaan yang ada.yang membedakan mungkin ubiquitous lebih canggih dari pada e-learning ,kalau dengan e-learning kita dapat mengetahui secara cepat , tapi kalu ubiquitous menjadikan pembelajaran dapat lebih mudah lagi portable dan lebih mudah untuk di operasikan.

Sumber Referensi : Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana, 2008.
DR.Munir, M.IT. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA, 2008

www.en.wikipedia.org/wiki/Ubiquitous_computing


Ditulis oleh: khairani rizky


posted under |

Tidak ada komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments